Tips Jadi Karyawan Terbaik, Disukai Atasan dan Disegani Teman

Tips Jadi Karyawan Terbaik

Idris-c.com – Terkadang, hubungan antara kita dan teman satu kantor tak selalu mulus. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, keegoisan dari teman itu sendiri, persaingan mencari penilaian bagus dari atasan, dan masih banyak sebab lainnya. Dari beberapa sebab tersebut, bisa kita simpulkan bahwa tak selamanya lingkungan kerja bersifat sehat.

Tips Jadi Karyawan Terbaik

Lingkungan kerja yang tidak sehat bisa mendatangkan hal-hal yang baik secara langsung maupun tidak langsung merugikan kita. Ada beberapa hal yang bisa membuat suatu lingkungan kerja menjadi tidak sehat. Bisa saja karena kecurangan teman kerja, perhitungan gaji yang tak sesuai, job desk, dan lain-lain.

Sejak bekerja menjadi sebuah kewajiban dan bisa membuat waktu kita terbuang mayoritas di sana, pastinya menjadi seseorang yang disegani teman kerja dan disukai atasan sekaligus akan terasa menyenangkan. Bukan hanya ‘akan terasa’ menyenangkan lagi, namun sudah pasti menyenangkan.

Bagaimana Cara Jadi Karyawan yang Terbaik?

Kali ini Anda akan menemukan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa disegani teman namun tetap disukai atasan. Berikut adalah ulasannya

  1. Kurangi Sifat Egois.

    Salah satu hal yang bisa merenggangkan hubungan kita dengan teman kerja adalah sifat egois. Egoisme membuat pertemanan yang tadinya biasa saja menjadi renggang atau bahkan bisa membuat teman kerja tak mau lagi dekat dengan Anda.

    Namun, kemungkinan tak Anda saja yang mungkin bersikap egois, bisa saja justru teman Anda yang bersifat egois. Contoh sifat egois yang bisa membuat teman kerja menjadi tak segan antara lain dengan hanya mau berkumpul jika itu urusan uang saja, seenaknya pada teman kerja, suka menyalahkan orang lain, dan lain-lain.

  2. Jangan Suka Mencari Muka Di Depan Atasan dengan Menjelekkan Karyawan Lain.

    Sering terjadi seorang karyawan dibenci teman-teman kerjanya akan hal ini. Memang wajar adanya jika seorang karyawan ingin disukai oleh atasan, namun menjadi tidak wajar jika karyawan tersebut harus bermuka dua.

    Mungkin di awal kita yang mengadu ke atasan karena buruknya performa teman kerja, memfitnah teman kerja, dan lainnya tak akan ketahuan oleh mereka. Namun, lama-lama mereka akan mengetahuinya dan kabur dari Anda.

  3. Bekerja Sesuai dengan Jobdesk Saja.

    Salah satu hal yang tidak disukai sebuah perkumpulan pada satu orang adalah adanya sikap yang terlalu memaksakan hanya supaya mendapat pujian. Begini contohnya, seseorang hanya mendapat jobdesk mengerjakan satu tugas saja.

    Namun, tanpa ada perintah dari atasan ia sengaja mengerjakan job desk temannya atau mengerjakan hal lebih supaya dipuji oleh atasan dan mungkin dijadikan contoh baik dari atasan kepada karyawan lainnya.

    Hal ini justru akan membuat Anda terlihat memuakkan di depan teman-teman kerja Anda. Oleh karena itu, hanya lakukan jobdesk Anda saja. Jika ada perintah dari atasan, baru lakukan hal yang disuruh tersebut.

  4. Bersikap Jujur.

    Kejujuran tentunya akan sangat berpengaruh terhadap penilaian baik dari teman Anda sendiri maupun dari atasan. Supaya atasan menyukai Anda alangkah lebih baik jika Anda bersikap jujur. Teman-teman kerja Anda pun juga akan menyegani Anda karena kejujuran Anda. Kejujuran ini bisa dituangkan dalam berbagai hal pada aktivitas sehari-hari kantor.

    Itulah empat hal yang bisa Anda lakukan untuk disukai atasan, namun tetap disegani teman-teman kerja. Di awal, mungkin Anda akan mengira bahwa disukai atasan namun disegani teman sekaligus adalah hal yang tabu.

Namun dengan seiringnya waktu jika Anda melakukan empat poin di atas maka hal tersebut akan mendatangi Anda. Semua butuh proses bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *