Karyawan Ingin Pensiun Dini? Lakukan 8 Persiapan Ini

persiapan karyawan pensiun dini

Idrs-c.com – Di Indonesia, seseorang yang sudah memasuki usia pensiun adalah orang yang usianya sekitar 55-60 tahun. Biasanya, ketika pensiun, orang tersebut akan diberhentikan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.

persiapan karyawan pensiun dini

Pensiun Dini dan Persiapannya

Meskipun rata-rata orang melakukan pensiun dini di usia yang cukup senior, tetapi ada pula orang yang merencanakan pensiun dini. Dalam artian, pensiunnya dilakukan di usia masih 40 atau bahkan sebelum usia pensiun, untuk berhenti bekerja karena beberapa alasan. Misalnya untuk membangun usaha. Karena itu, ada 8 hal berikut ini yang harus Anda tahu sebelum pensiun dini.

  1. Tetapkan Target

    Sebelum Anda pensiun, Anda harus tahu terlebih dahulu, di usia berapa Anda pensiun. Hal ini tidak hanya akan berpengaruh pada keinginan Anda bekerja namun juga kehidupan Anda setelah bekerja. Jangan sampai ketika Anda sudah nyaman dengan pekerjaan Anda, lalu ingin pensiun kemudian lupa untuk mempersiapkannya sehingga kehidupan setelah pensiun tidak berjalan dengan baik.

  2. Hitung Biaya Hidup Setelah Pensiun

    Setiap orang memiliki kebutuhannya sendiri. Sehingga, Anda harus mempertimbangkan berapakah biaya hidup yang harus Anda tanggung setelah Anda pensiun. Masalahnya, biaya untuk kehidupan sehari-hari, misalnya seperti untuk bahan pokok, akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Untuk memudahkan menghitungnya, Anda bisa menambahkan biaya inflasi, misalnya dengan asumsi terjadi kenaikan inflasi sebesar 6%.

    Dengan melakukan perhitungan tersebut, Anda dapat memperkirakan berapa biaya yang Anda butuhkan, terutama untuk jangka panjang. Sehingga, Anda bisa mempersiapkannya dengan baik dan tidak terlalu khawatir ketika nanti sudah tidak bekerja seperti sebelumnya, namun tetap dapat memenuhi kehidupan sehari-hari dengan baik.

  3. Hitung Uang yang Dimiliki

    Setelah Anda menghitung berapa biaya hidup Anda nantinya, terutama ketika Anda sudah berkeluarga, Anda harus mempertimbangkan berapa uang yang Anda miliki. Tidak mungkin bukan, jika Anda ingin hidup seperti sebelum Anda pensiun namun, dengan pendapatan yang terbatas? Bisa-bisa, Anda harus melakukan pinjaman karena ternyata uang tidak cukup.

    Perhitungkan, apakah uang tersebut cukup, setidaknya untuk 5 tahun kedepan, memenuhi kebutuhan Anda. Uang ini juga harus diperhitungkan untuk cicilan, jika Anda memiliki, misalnya cicilan rumah, kendaraan atau yang lainnya. Dengan begitu Anda tidak terjebak dalam hutang. Jika bisa, lunasi kredit tersebut secepatnya, sehingga setelah pensiun, Anda bisa memikirkan kebutuhan yang lainnya.

  4. Hemat

    Seperti yang diketahui, ketika Anda memutuskan untuk pensiun, maka Anda harus berhadapan dengan yang namanya pesangon dan bukan bonus. Uang yang Anda miliki tersebut terbatas dan tidak seperti sebelumnya. Jika tidak dipikirkan dan berlaku hemat, maka tanpa Anda sadari, uang yang harusnya bisa Anda tabung dan dipergunakan untuk keperluan lain, menjadi menguap dengan percuma.

  5. Menyiapkan Dana Cadangan

    Sebelum waktu pensiun Anda tiba, ada baiknya jika Anda menyiapkan dana cadangan. Ada banyak cara untuk mendapatkan dana cadangan. Salah satunya adalah bekerja dengan keras sebelum waktu Anda pensiun tiba.

  6. Membuat Rencana Jangka Panjang

    Membuat rencana adalah wajib, tidak hanya jangka pendek namun juga panjang. Hal ini akan berpengaruh pada dana yang harus Anda siapkan agar Anda dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda. Termasuk untuk dana cadangan untuk hal yang tidak terduga seperti biaya kesehatan.

  7. Investasi

    Wajib untuk memiliki investasi jika Anda pensiun dini. Cara ini merupakan salah satu hal yang dapat ANda lakukan untuk mempersiapkan dana di masa depan.

  8. Menabung Ekstra

    Ketika Anda sudah menentukan kapan pensiun, Anda sebaiknya menabung lebih banyak. uang tabungan ini dapat Anda pergunakan untuk keperluan di masa depan yang tidak terduga ataupun membuka usaha.

Itulah 8 cara yang dapat Anda lakukan ketika pensiun dini. Dengan persiapan yang baik tersebut, menjadi pensiunan bukan hal yang menakutkan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *